Artis Nani Wijaya meninggal dunia

Kabar duka datang dari industri hiburan Indonesia. Aktris terkenal Nani Wijaya meninggal dunia pada usia 81 tahun di Rumah Sakit Fatmawati Jakarta Selatan pada Kamis pagi, 16 Maret 2023.

Info Keluarga: Keluarga mengumumkan berita kematian aktris terkemuka itu secara langsung melalui postingan media sosial.

“INNALILLAHIWINAILAIHIROJIUN Ibuku tercinta Nona Hj telah berpulang dengan tenang. Nani He Ouija. 16 Maret 2023 di Rumah Sakit Fatmawati 3.28. Mohon maaf atas segala kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja.

Qahiya juga mengunggah foto ibunya yang mengenakan baju putih dan kerudung. Dalam foto tersebut, Nani Wijaya sedang tersenyum. Kolom komentar diisi dengan belasungkawa dari selebriti lainnya.

Perjalanan Karir: Nama Nani Wijaya sebelumnya dikenal oleh anggota Golden Girls seperti Ida Kusumah, Connie Sutedja dan Rina Hassim. Nani lahir pada tanggal 10 November 1942 di Cirebon, Jawa Barat.

Nani Wijaya memulai debut aktingnya pada tahun 1958. Saat duduk di bangku sekolah menengah, ia berperan sebagai pemeran pendukung dalam film Blood High (1960). Setahun kemudian, dia terpilih untuk peran utama dalam “Behind School Walls”.

Kemudian, di tahun 2002, nama Nani Wijaya pun berhasil melambungkan namanya lewat sinetron ‘Bajj Pazuri’. Dalam sitkom tersebut, Nani Wijaya berperan sebagai ibu Uning.

Film dan serial TV: Film-film yang dibintanginya, antara lain sederet film terkenal “Loving Young” (1978), “High School Nostalgia” (1980), “RA Cartini” (1983), Opera Jakarta (1985), “Catatan kepada bocah “Ace” (1987, 1989, 1990).

Nani Wijaya juga pernah tampil di beberapa serial seperti Wow Cantik, Bajaj Bajuri dan Tukang Bubur Naik Haji The Series.

Penghargaan: Nani juga masuk nominasi Pemeran Pendukung Terbaik FFI 1978, Catatan Pemeran Pendukung Pria Terbaik 1978, Young Yang Versinta – Pemeran Pendukung Terbaik FFI 1983”, “RA Kartini – Festival Film Bandung Televisi 2005 Pemeran Pendukung Terpuji dalam kategori “Bajaj Bajuri – Lifetime Achievement Award 2010”.

Ia juga meraih “Lifetime Achievement Awards Indonesia Movie Actors Awards 2021” hingga “Lifetime Achievement Awards Indonesia Drama Series Awards 2022”.

Selamat jalan Nani Wijaya. Karyamu akan selalu dikenang dalam sejarah akting Indonesia.