Biodata Sule Terlengkap

Sule dikenali sebagai salah satunya aktris atau selebritis di Indonesia. Di jagat hiburan dia dikenali sebagai komedian multi bakat dan pembawa acara di tv. Jalan Panjangnya jadi bintang di jagat hiburan benar-benar panjang dan berkelok tetapi saat ini keberhasilan di jagat hiburan dapat dicapainnya sesudah perjuangannya yang panjang.

Saat sebelum sukses jadi aktris Indonesia, sebagala jenis karier dia sebelumnya pernah tekuni. Dimulai dari jualan ayam goreng dan berdagang kain dia sebelumnya pernah mainkan. Tetapi talentanya sebagai pelawak membuat dia sukses. Bagaimaana kisiahnya?

Riwayat hidup Sule

Entis Sutisna ataupun lebih dikenali nama Sule terlahir di Bandung, Jawa Barat, 15 November 1976 ialah aktor yang bermula dari Group Lawak SOS, Audisi Komedian TPI (API). Sule makin dikenali lewat acara Drama Van Java di Trans7 bersama Andre Taulany, Parto, Nunung dan Azis Gagap.

Kariernya makin bertambah dengan acara Awas Ada Sule di Global TV yang diperankan bekas pemain bola voli nasional, Hikmal Abrar. Selainnya melawak, lulusan STSI Bandung ini dikenali pandai menyanyi. Sejak duduk di kursi kelas 3 SD, Dia seringkali tampil di pentas tujuh belas Agustusan, untuk menari.

Karena suka menari tersebut, pada akhirnya orangtua mendaftarkannya ke sanggahr Kandaga. Seperti Oni, rekan satu kelompoknya, Dia juga terlatih cari uang semenjak kecil.

Untuk masalah belajar, rupanya Dia paling malas sukanya sontek.Hoby menarinya sebelumnya sempat berhenti saat duduk di kursi SMP. Baru tumbuh kembali saat masuk SMKI, Dia mengaku sesudah berusaha sepanjang tahun. Semenjak SMP, baru saat ini meneguk hasilnya. Dahulu ia ada di rumah petak kontrak.

Hidup sedih sebelumnya sempat dirasa pria memiliki rambut pirang panjang ini. Orangtuanya ialah pedagang bakso di Cimahi, pada malam hari Sule kecil menolong jualan jagung rebus keliling kompleks.

Menikah Dengan Lina

Sule menikah dengan Lina Subaedah di tahun 1997. Karena pendapatan dari melawak tidak pasti, mereka berdagang ayam goreng dan jualan kebaya. “Pendapatannya hanya Rp20.000 satu hari. Berbelanja sayur, beberapa kembali beras, sabun, dan untuk jajan anak, tidak cukup,” tuturnya.

Kariernya sebagai aktris baru berkilau saat dia dan dua temannya, Ogi Suwarna dan Obin Wahyudin ikuti audisi lawak API (Sekolah tinggi Komedian Indonesia) di TPI. Satu tahun selanjutnya, Dia memenangkan Mega-bintang Show, sebuah acara duet selebritis di Indosiar, dan memiliki hak bawa pulang sebuah mobil. Pucuknya saat dia menjadi bintang OVJ.

Watak Pelawaknya Kuat

Sule terlihat sebagai komedian multi bakat melalui sebuah acara tv (reality-show) SuperStar Show yang disiarkan Indosiar, kurang lebih dua tahun lalu. Pada acara berbentuk kontes menyanyi secara berpasangan itu, Dia pada akhirnya jadi juara. Waktu itulah berduet dengan Jaja.

Personalitasnya yang unik, multy-talented, dan humoris membuat duet Sule-Jaja secara mudah dicintai dan dikenali beberapa penonton acara SuperStar. Rupanya bisa dibuktikan selanjutnya.

Terhitung sejak selesai memenangkan moment SuperStar, Dia mulai kerap tampil di monitor kaca (tv). Dari jadi pembawa acara (MC), guest star talkshow, pengisi acara musik, sampai jadi pelawak/komedian seperti sekarang ini.

Naik Daun di OVJ

Dari ranah humor, nama Sutisna alias Sule selama setahun ini mendominasi tv. Selainnya tampil pada acara humor Drama Van Java (OVJ) di Trans 7, Dia membantu reality show BigShow di TPI. Bila tidak shooting, Dia isi beragam acara off air.

Khusus untuk tahun 2009, Tugas yang diterimanya di jagat hiburan Indonesia termasuk lumayan banyak. Acara tv yang dapat disebut mempopulerkannya (selainnya SuperStar) yakni OKB, Drama Van Java, dan Awas Ada Sule.

Kelebihan Sule

Sule memang punyai bakat tertentu yang membuat dia pantas disamakan Tukul Arwana, Komeng, Eko Patrio, Parto, atau Olga Syahputra yang sebelumnya sempat dikukuhkan sebagai 5 Komedian Paling mahal Indonesia). Yang pantas dihargai, Dia bukan termasuk komedian kejutan.

Dia memang mengawali meniti profesi melawaknya dari NOL Reputasi yang diraihnya saat ini bukan secara instant, tetapi karena kegigihan dan perjuangan. Dari sisi bakat unik yang dianugerahi Yang Maha Kuasa kepadanya.

Seperti Komeng, Dia punyai kekuatan spontanitas gurauan yang termasuk benar-benar responsive, cepat, inovatif dan bagus. Dalam penampilan dipanggung punyai kekuatan blocking yang cukup. Dia terhitung salah satunya komedian yang punyai watak melucu yang kuat dan unik.

Talenta melawak Sule nampaknya di turunkan si ayah, yang penjual bakso keliling. Ayahnya selalu membanyol dan membuat beberapa konsumen baksonya ketawa. Namun dia memulai naik pentas tidak dengan lelucon, tetapi sebagai pemain musik yang selanjutnya membangun group lawak SOS bersama Ogi dan Oni.

Sesudah memenangi audisi melawak di TPI, nama Sule perlahan-lahan melesat. Tapi baru pada acara Mega-bintang Show, namanya naik sampai sekarang ini. Walau sangat populer, Dia masih merendam harapan. Ia ingin go international walau tidak dapat menggunakan bahasa Inggris.

Keluarga Sule

Entis Sutisna aatau Sule dijumpai menikah dengan dengan Alm. Lina Jubaedah di tahun 1997. Dari pernikahannya ini mereka dianugerahi 3 orang anak namanya Putri Delina, Rizky Febian, Rizwan dan Ferdinand. Tetapi Sule dan Lina Jubaedah putuskan berpisah di tahun 2018.

Sule selanjutnya menikah kembali dengan Nathalie Holscher yang dikenali sebagai pembawa acara tv, vokalis, DJ, dan mode. dari pernikahannya ini, dia mempunyai seorang anak namanya Adzam Adriansyah Sutisna. Tetapi di tahun 2022, Natalie menuntut pisah Sule.