Biodata Dito Ariotedjo : Menpora Baru

Siapakah Dito Ariotedjo? Namanya tengah menjadi pembicaraan karena ia sore hari ini (3/4/2023) akan dikukuhkan jadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Lihat profile Dito Ariotedjo berikut ini.

Nama Dito Ariotedjo sekarang sedang jadi omongan. Itu karena Presiden Joko Widodo akan mengangkat Dito sebagai Menpora di Istana Kepresidenan sore hari ini. Pasti beberapa orang yang bertanya siapa Dito Ariotedjo, sang calon Menpora baru yang hendak gantikan Zainudin Amali.

Pemilik nama komplet Ario Bimo Nandito Ariotedjo itu ternyata adalah stafsus di Kementerian Koordinator Sektor Ekonomi yang dipegang Airlangga Hartarto. Ia jadi stafsus di situ semenjak April 2022. Dito sebagai salah satunya politikus muda dari partai Golkar, yang mana Airlangga sebagai Ketua Umum partai itu.

Sebagai politikus muda, pria kelahiran 25 September 1990 itu sebelumnya pernah jadi Ketua Umum DPP Angkatan Muda Penyempurnaan Indonesia (AMPI) masa 2017-2022. Untuk dipahami, AMPI ialah organisasi kepemudaan yang ada di bawah Partai Golkar. Dito dijumpai sempat juga jadi Ketua Panitia HUT ke-58 Golkar pada 2022.

Dito Ariotedjo ialah anak dari direktur khusus PT Bermacam Tambang Tbk, Arie Prabowo Ariotedjo dan Makna Laksmigati Ariotedjo. Pria 32 tahun itu sebelumnya sempat mengenyam pendidikan di Fakultas Hukum Kampus Indonesia (UI) dan sebelumnya pernah memegang sebagai Ketua Pengkajian Vital Tubuh Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI.

Politikus muda ini sempat aktif meng ikuti organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Tahun 2021, Dito bekerja bersama dengan aktris Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor, Rudy Salim, membuat Rans Sport. Saat inilah memegang sebagai Chairman Rans Nusantara FC dan Chairman RANS PIK Basketball.

Sebagai calon Menpora, Dito sebelumnya pernah menggenggam tanggung-jawab lumayan besar di bagian olahraga. Ia sebelumnya pernah diberikan tugas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Komite Olimpiade Indonesia menjadi CdM (Chef de Mission) atau Ketua Tim Indonesia dalam acara Youth Olympic Game 2018 yang diadakan di Buenos Aires, Argentina.

Dito aktif dalam organisasi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta. Dalam organisasi itu, ia dipercayai sebagai Ketua Dewan Penasihat ISSI DKI Jakarta.

Latar belakangnya itu kemungkinan yang menjadi pemikiran Dito Ariotedjo dikukuhkan sebagai Menpora baru gantikan Zainudin Amali.

Begitu profile Dito Ariotedjo, politikus muda dari Partai Golkar yang siap dikukuhkan Jokowi jadi Menpora sore hari ini.