Biodata Lengkap Erick Thohir

Ada beberapa wiraswastawan atau pebisnis Indonesia yang memberikan inspirasi beberapa orang. Erick Thohir kemungkinan satu diantaranya. Untuk yang masih belum mengetahu apa sepak-terjang Erick Thohir, Pemilik Mahaka Grup ini dikenali jadi pebisnis yang berhasil sukses saat sebelum jadi Menteri Badan Usaha Punya Negara (BUMN) pada Cabinet Indonesia Maju. Pada umur yang relatif muda, Erick menjadi pebisnis yang dihormati dan menteri yang pantas diakui.

Walaupun tercipta dari keluarga pelaku bisnis, Erick Thohir tidak jalani jalan hidup yang gampang menjadi seorang pebisnis sukses. Ia perlu berusaha keras dan pintar untuk dapat capai kesuksesan saat ini.

Selainnya kisah hidupnya, profile usaha Erick Thohir memikat buat di ikuti. Cerita hidupnya yang berhasil sukses dan cara profesinya yang ikut tergabung dalam pemerintah, membuat Erick Thohir menjadi satu diantara orang yang diharap dapat bawa pengaruh dampak positif terutama di Kementerian BUMN. Sebagai figur yang populer, pasti banyak yang ingin tahu dengan Erick Thohir sekitar agama dan info individu yang lain . Maka baca terus perjalanan hidup dan profile usaha Erick Thohir yang dulu pernah jadi CEO club Inter Milan yang telah Qoala kumpulkan di bawah ini.

Biodata Erick Thohir

Nama Erick Thohir

Agama Islam

Tempat, tanggal lahir Jakarta, 30 Mei 1970

Warga Negara Indonesia

Profesi Pengusaha dan politikus

Pasangan Elizabeth Thohir

Anak Mahatma Arfala Thohir, Mahendra Agakhan Thohir, Makayla Amadia Thohir, Magisha Afryea Thohir

Orangtua Teddy Thohir (ayah), Edna Thohir (ibu)

Riwayat hidup Erick Thohir

Ada selalu faedah yang dapat diambil dari pelajari cerita hidup beberapa orang sukses, terhitung Erick Thohir. Berikut perjalanan hidup Erick Thohir yang pantas kamu kenali.

1. Lahir dari Keluarga Pelaku bisnis

Erick Thohir sebagai anak ke-3 dari pasangan Teddy Thohir dan Edna Thohir yang memeluk agama islam (bukan turunan Cina) dan lahir di 30 Mei 1970. Kakak pertama Erick namanya Garibaldi Thohir atau yang juga dikenal bernama Boy Thohir, dan kakak wanitanya namanya Hireka Vitaya atau yang dikenali Rika Thohir.

Menurut Forbes, Boy Thohir mempunyai harta kekayaan US$1,65 miliar atau sama dengan Rp23,26 triliun hingga tempati posisi 15 orang paling kaya di Indonesia pada Desember 2020. Kakak-adik ini melanjutkan tapak jejak Teddy Thohir, si ayah yang sepanjang hidupnya dikenal juga sebagai pebisnis terkenal. Sekedar info, Teddy Thohir sebagai salah satunya pemilik group Astra International bersama William Soeryadjaya.

2. Pendidikan Erick Thohir

Erick Thohir menuntaskan pendidikan sarjananya di Glendale University, Amerika Serikat. Seterusnya ia meneruskan program masternya di Kampus Nasional California, Amerika Serikat, dan sukses lulus di tahun 1993. Adapun jalur yang diambil ialah Business Administration.

3. Membangun Mahaka Grup

Sesudah tempuh pendidikan di luar negeri, Erick mulai memulai karier usahanya dengan membangun sebuah perusahaan media namanya Mahaka Grup bersama partnernya, Muhammad Lutfi, Wisnu Wardhana, dan Harry Zulnardy. Ia mendapatkan tuntunan dari si ayah dan dari reporter senior, Jakob Oetama dan Dahlan Iskan, karena belum terlampau pahami sangkut-paut usaha di dunia media.

Perlahan-lahan tetapi tentu perusahaan ini berkembang karena Mahaka Grup dapat mengakuisisi harian Republika yang waktu itu sedang diterpa kritis keuangan dan terancam brangkut di tahun 2001. Erick lalu memegang sebagai Presiden Direktur perusahaan sampai 30 Juni 2008 dan terhitung semenjak Juni 2010, ia memegang sebagai komisioner.

Mahaka Grup sukses kuasai majalah a+, Golf Digest, dan Parents Indonesia. Untuk usaha media massa, perusahaan ini mempunyai media massa Republika dan Sin Chew Indonesia. Mahaka Grup memperlebar sayapnya di usaha stasiun TV dan radio seperti JakTV, FeMale Radio, stasiun radio GEN 98.7 FM, dan Prambors FM.

4. Usaha di bagian olahraga

Kemungkinan telah banyak yang mengetahui jika Erick Thohir mempunyai ketertarikan yang lebih tinggi pada olahraga terutama basket. Dari kesukaannya itu, Erick sebelumnya pernah memegang sebagai Ketua Umum Persatuan Bola Basket Semua Indonesia (PERBASI) masa 2006-2010 dan memegang sebagai Presiden Federasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) sepanjang dua masa yaitu 2006-2010 dan 2010-2014.

Disamping itu, ia jadi orang Asia pertama kali yang mempunyai club National Basketball Association (NBA) dengan beli saham Philadelphia 76ers. Untuk club bola basket di Indonesia, Erick mempunyai dua club yaitu Satria Muda Britama dan Indonesia Warriors.

Bukan hanya olahraga basket, Erick beli saham sebagian besar club sepakbola asal dari Amerika Serikat yang berbasiskan di Washington D.C yaitu D.C. United pada Juli 2012. Satu tahun seterusnya, Erick Thohir dan dua pebisnis tanah air yang lain yaitu Rosan Roeslani dan Handy Soetedjo, sukses mengakuisisi saham Inter Milan sejumlah 70 %.

Nama Erick Thohir saat itu juga muncul di dunia persepakbolaan dunia sesudah beli Inter Milan. Namun dia melepaskan semua saham Inter Milan kepunyaannya ke perusahaan investasi asal Hong Kong, LionRock Capital di tahun 2019.

Disamping itu, Erick Thohir menempati kedudukan sebagai komisaris dari club sepak bola Persib Bandung bersama lima pemilik yang lain yaitu Umuh Muchtar, Kuswara S. Taryono, Zainuri Hasyim, Iwan Pemurah hati, dan Yoyo S. Adiredja.

5. Figur penting Asian Game 2018

Di tahun 2015, Presiden Jokowi menunjuk Erick Thohir menjadi ketua panitia Asian Game 2018. Acara ini sukses mengisap perhatian warga Asia bahkan juga dunia khususnya pada acara pesta pembukaan dan penutupannya. Bahkan juga acara penutupan Asian Game 2018 disanggupi beberapa bintang terkenal Indonesia dan internasional, seperti dari India, Tiongkok, sampai pujaan asal Korea Selatan. Ticket atraksi sekitar 40 ribu habis terjual cuma dalam periode waktu 24 menit.

Selainnya pastikan keberhasilan acara Asian Game 2018, Erick Thohir memerhatikan faktor keselamatan semua tim agar baik saja saat di Indonesia dan dapat pulang ke negara aslinya dengan selamat.

6. Jadi Ketua Team Kampanye Joko Widodo-Ma’ruf Amin

Bukan hanya senang sebagai pebisnis, Erick Thohir mulai menjejakkan kaki di dunia politik nasional dengan jadi Ketua Team Kampanye Nasional (TKN). Informasi itu dikatakan secara langsung oleh Joko Widodo atau Jokowi di Posko Cemara Menteng pada September 2018.

Salah satunya argumen dipilihnya Erick Thohir yaitu karena ia dipandang sukses dalam beragam hal. Selainnya dikenali sebagai pebisnis sukses, Erick Thohir sukses mengadakan Asian Game 2018. Argumen yang lain, nama Erick telah dikenali di kelompok milenial atau anak muda mudi saat ini, tidak kalah dari Sandiaga Uno sebagai rivalnya di tim Prabowo. Ditambah pasangan Jokowi-Ma’ruf memang mengutamakan opsinya pada angkatan yang semakin lebih muda.

7. Memegang Bangku Menteri BUMN kesembilan Cabinet Indonesia Maju

Pada 23 Oktober 2019, Presiden Joko Widodo mengikutkan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN dalam barisan Cabinet Indonesia Maju (2019-2024). Salah satunya dobrakan pria kelahiran 1970 ini ialah menunjuk Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Komisaris Khusus PT Pertamina. Menurut Erick Thohir, Ahok dapat menjadi figur pendobrak untuk pimpin perusahaan BUMN sama kelas Pertamina.

Tidak stop sampai situ, Erick Thohir pun tidak enggan menghentikan Direktur Khusus PT Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara, yang kasusnya sebelumnya sempat menggegerkan public. Pria itu bisa dibuktikan selundupkan elemen Harley Davidson yang sudah bikin rugi negara sampai 1,5 miliar rupiah.

Pasti dobrakan Erick Thohir tidak stop di sana karena beliau masih memegang sebagai Menteri BUMN sampai sekarang ini. Kita nantikan apa lagi dobrakan yang hendak dilaksanakan pemilik Mahaka Grup ini.

Bukti Erick Thohir Dan Usahanya di 2020 sampai 2021

Sesudah ketahui kisah hidup pebisnis sebagai Menteri BUMN masa 2019-2024 ini, sebaiknya kamu ketahui beragam bukti menarik mengenainya. Berikut bukti sekitar Erick Thohir 2020 sampai 2021 yang pantas kamu kenali.

1. Harta kekayaan Erick Thohir

Sebagai petinggi public sama kelas kementrian, pemilih Mahaka Grup ini wajib memberikan laporan harta kekayaannya ke Komisi Pembasmian Korupsi (KPK). Lantas berapakah keseluruhan kekayaan Erick Thohir yang beragama Islam ini?

Menurut website resmi KPK, Laporan Harta Kekayaan Pelaksana Negara (LHKPN) menulis Menteri BUMN ini mempunyai harta kekayaan sejumlah Rp2 triliun ataupun lebih persisnya Rp2.316.600.097.385. Erick Thohir yang dulu pernah menjadi pemilik Inter Milan ini mempunyai harta kekayaan dalam bermacam-macam yaitu berbentuk tanah dan bangunan sebesar Rp242.547.000.000, beberapa alat transportasi berbentuk mobil dan motor sebesar Rp3.917.000.000, harta bergerak lain sejumlah Rp26.500.000.000, surat bernilai sebesar Rp1.699.674.350.000, kas dan sama dengan kas sejumlah Rp139.424.833.875. Terdaftar sampai ini hari, net worth dari Erick Thohir ialah sebesar $157 juta US dolar.

2. Keluarga Erick Thohir

Info mengenai keluarga Erick Thohir seperti anak dan istrinya memang jarang-jarang terpampang media. Pria kelahiran 1970 ini menikah dengan seorang wanita namanya Elizabeth Tjandra. Pernikahan ke-2 nya dianugerahi 4 orang anak yaitu Mahatma Arfala Thohir, Mahendra Agakhan Thohir, Makayla Amadia Thohir, dan Magisha Afryea Thohir.

3. Telah menjalankan bisnis semenjak umur sembilan tahun

Beberapa anak umur sembilan tahun umumnya sering habiskan waktu secara bermain. Tetapi Erick pada umur semuda itu telah lakukan usaha skala kecil. Waktu itu beberapa anak sepantarannya sedang gandrung bermain biji karet dan Erick manfaatkan hal tersebut untuk raih keuntungan. Ternyata talenta berdagang Erick telah kelihatan semenjak kecil. Tidaklah aneh jika ia dapat tempati posisi Menteri BUMN yang mempunyai perlu banyak pembaruan dari faktor management.

4. Berteman dengan Sandiaga Uno

Kemungkinan telah banyak yang mengetahui jika Erick Thohir merajut pertemanan yang kuat dengan pebisnis sekalian politisi, Sandiaga Uno sejak muda. Ke-2 nya telah mengenal semenjak sekolah dasar. Menurut Kode, Erick muda punyai mimpi jika industri olahraga akan berkembang dalam negeri atau internasional. Hal tersebut yang membuat Erick melakukan investasi di cabang olahraga basket dan sepak bola dan termasuk juga pebisnis sukses di bagian olahraga.

Saat kuliah ke-2 nya coba membuat usaha bersama. Walaupun kuliah di kampus yang beda, Erick dan Sandiaga sama mempunyai ketertarikan besar dalam sektor usaha hingga membuat ke-2 nya dekat. Bahkan juga istri dan beberapa anak ke-2 nya sama-sama berteman.

5. Reputasi Erick Thohir melesat sesudah sukses Asian Game 2018

Pembukaan Asian Game 2018 dilihat miliaran pasang mata di penjuru dunia. Kesuksesan acara itu pasti tidak terlepas dari instruksi Erick sebagai ketua INASGOC (Indonesia Asian Game Organizing Committee), panitia Asian Game 2018. Kesuksesannya penyelenggaraan acara olahraga bertingkat internasional ini segera membuat nama Erick Thohir yang dulu pernah jadi pemilik Inter Milan melesat.

Asian Game jadi gelaran tunjukkan prestasi anak muda karena umur olahragawan rerata di bawah 30 tahun terhitung beberapa penari pada usia sama dengan SMA. Bahkan juga sekitar 15 ribu sukarelawan di Asian Game rerata berumur 23 tahun. Tidaklah aneh jika keberhasilan Asian Game berani membuat Pemerintahan Indonesia optimis jadi tuan-rumah Olimpiade 2032.

6. Suka melakukan investasi di usaha olahraga

Pada November 2013, kedatangan pemilik Mahaka Grup di Italia diserang juru camera dan wartawan negeri tersebut. Penyebabnya Erick Thohir mengakuisisi club sepakbola yang bertanding di seri A yaitu Internazionale Milano alias Inter Milan. Ia jadi presiden club yang ke-21 dalam sejarah club yang berumur 106 tahun. Timbulnya figur Erick pemilik Inter Milan mengundang perhatian dunia, terutama usaha olahraga. Hal tersebut lumrah saja karena Inter Milan sebagai salah satunya club terkenal di dunia.

Namun di tahun 2019 Erick Thohir melepaskan semua sahamnya di Inter Milan. Awalnya ia telah melepaskan saham D.C United, club sepakbola Amerika Serikat yang sahamnya dibeli sekitar 78 % pada 10 Juli 2012.

Disamping itu, Erick masih mempunyai saham di club basket Satria Muda, club sepakbola Persib Bandung dan club sepakbola seksi III Liga Inggris Oxford United.

7. Mempunyai PT Avabanindo Gagah (Mahaka Advertising)

Erick Thohir dikenali mempunyai gurita usaha di bagian media. Perusahaan yang namanya PT Avabanindo Gagah beroperasi di sektor service jasa advertensi yang terpasang di beberapa media seperti billboard, jembatan penyeberangan orang atau JPO, bando jalan, neon box, baliho, dan umbul-umbul.

8. Mempunyai PT Avabanindo Gagah (Mahaka Advertising)

PT Avabanindo Gagah (Mahaka Advertensi) sah jadi partner advertensi di stasiun-stasiun MRT Jakarta. Kerja sama itu membuat PT Avabanindo Gagah bisa menjadi pengurus iklan sepanjang 20 tahun.

9. Mempunyai PT Republika Media Berdikari

Perusahaan ini memayungi Harian Republika dan Republika Online dan telah bediri semenjak tahun 1992 di bagian penerbitan dan publisistik. Awalnya Harian Republika diperuntukkan sebagai media massa dengan target komune muslim di Indonesia. Seterusnya media ini berkembang jadi media multiplatform berbentuk koran, portal informasi, majalah digital, newsroom, koran electronic, sosial media, dan program digital.

10. Mempunyai PT Danapati Abinaya Investama (Jak TV)

PT Danapati Abinaya Investama beroperasi di sektor penayangan tv dan dikenali nama JakTV, anak usaha Mahaka Media, Tbk. Awalnya perusahaan tv ini dipunyai Jawa Pos Grup lewati diambil perusahaan Erick Thohir dengan nilai capai Rp 55,5 miliar atau 50 % saham.

12. Mempunyai PT Kalyanamitra Adhara Mahardhika (Alive! Indonesia)

Perusahaan Erick Thohir seterusnya ada PT Kalyanamitra Adhara Mahardhika yang sediakan service merek activation, creative agen, sampai moment organizer. Perusahaan yang berdiri di tahun 2007 ini sudah tangani beragam moment besar nasional seperti BRI Exhibition, XL Exhibition, New Honda Vario Rilis Exhibition, Rilis Honda New CBR, dan acara lain.

13. Mempunyai PT Media Golfindo (Golf Digest Indonesia)

Tidak cukup di sana, Erick Thohir mempunyai perusahaan penerbitan yang lain yaitu PT Media Golfindo. Perusahaan ini sebagai penerbit dari majalah Golf Digest Indonesia yang menyuguhkan beberapa informasi sekitar golf sekalian mendidik beberapa pegolf Indonesia. Disamping itu, perusahaan ini jadi pelaksana moment organizer golf.

14. Mempunyai PT Mahaka Radio Integra, Tbk.

Erick Thohir mempunyai perusahaan radio namanya PT Mahaka Radio, Tbk. (MARI). Perusahaan ini mengepalai beragam radio seperti PT Radio Attahiriyah (Gen 98.7 FM Jakarta), PT Radio Camar (Gen 103.1 FM Surabaya), dan PT Suara Irama Cantik (Jak 101 FM). PT Mahaka Radio Integra, Tbk juga terdaftar di Bursa Dampak Indonesia (BEI) semenjak 11 Februari 2016 dengan code emiten MARI.

Bagaimana sudah mengetahui kan Erick Thohir agama, perusahaan, dan perjalanan kariernya Minister of State Owned Enterprises alias Menteri BUMN yang dapat kamu menjadikan pelajaran. Tiap perjalanan orang sukses pasti memerlukan perjuangan keras agar bisa sampai di posisi sekarang ini. Mudah-mudahan cerita di atas dapat membuat kamu di inspirasi. Untuk ketahui cerita sukses yang dapat memberikan motivasi yang lain, datangi Qoala Website yang selalu memberikan informasi terkini sehari-harinya.