Biodata Mahalini Raharja

Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja atau yang semakin lebih dikenali sebagai Mahalini terlahir di Bali pada 4 Maret 2000. Dia sebagai anak bungsu dari 4 bersaudara, dengan 2 kakak lelaki dan satu kakak wanita. Mahalini habiskan saat kecilnya di Desa Banjar Aseman Teman, Tibubeneng, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

Mahalini mulai tertarik sama sektor ambil suara karena menyaksikan ayahnya kerap karaoke di dalam rumah. Hal itu membuat mulai berminat untuk menyanyi sampai Mahalini meng ikuti pelatihan vocal semenjak kelas 5 SD. Saat duduk di kursi SMP, Mahalini tergabung ke group vocal di sekolah dan seringkali meng ikuti persaingan menyanyi.

Mahalini selanjutnya mengeluarkan singgel pertamanya yang bertema “Membawa Ia Kembali” di tahun 2015, saat duduk di kursi SMP. Penyeluncuran singgel pertama Mahalini diadakan di SMPN 1 Denpasar pada 17 Januari 2015. Menurut produser musik Indonesia, Bobby Sandhora, Mahalini berpotensi di bagian ambil suara dan dapat berlaku professional.

“Kami sudah temukan seorang Mahalini yang mempunyai bakat benar-benar hebat. Mempunyai suara emas, berparas elok, dan sanggup beradegan di muka camera,” tutur Bobby.

Pada 2018, Mahalini sebelumnya sempat meng ikuti audisi “Indonesian Idol” musim kesembilan tetapi tidak berhasil memperoleh golden ticket. “Awalnya sebetulnya sudah sebelumnya pernah turut (Indonesian) Idol. Awalnya sekali, menjadi sebelumnya. Tahun 2018. Dasarnya yang tahunnya Jodie (Brisia Jodie), Marion (Marion Jola). Terus seperti, tidak dapat (lolos),” ungkapkan Mahalini dalam interviu di saluran YouTube Momentori.id.

Sesudah tidak lolos audisi, Mahalini sebelumnya sempat memilih untuk konsentrasi ke pendidikannya. Dijumpai, dia sudah tercatat sebagai mahasiswa Pendidikan Dokter Gigi di Kampus Mahasaraswati Denpasar. Walau demikian, ketidakberhasilan itu rupanya malah buka jalan baru untuk Mahalini untuk meng ikuti audisi “Indonesian Idol” musim selanjutnya.

“Ada (Indonesian) Idol (musim) ini, mendadak di-invite. Karena awalnya Idol-nya sudah tidak bisa lolos. Di-invite, eh masuk (bisa lolos audisi) . Maka seperti, jalannya tuch ada saja begitu loh,” sambungnya.

Mahalini pada akhirnya kembali meng ikuti audisi “Indonesian Idol” pada 2019. Di depan Ari Lasso, Maia Estianty, Judika, Bunga Citra Lestari, dan Anang Hermansyah, Mahalini menyanyikan lagu “I Have Nothing” dari Whitney Houston. Disamping itu, Mahalini sempat membawa lagu “Sedih” punya BCL dalam tahapan audisinya. Dengan tehnik vocal dan suara merdu, Mahalini pada akhirnya berhasil mendapat golden ticket dari beberapa juri di “Indonesian Idol” musim kesepuluh.

Pada sebuah peluang, Mahalini Sebelumnya sempat mengutarakan argumennya meng ikuti gelaran “Indonesian Idol”. Saat pertama kalinya memenangkan lomba menyanyi, Mahalini akui dianya diejek sebagai vokalis lokal biasa dari Bali. “Tujuanku turut ‘Indonesian Idol’ selainnya membesarkan hati orang-tua itu untuk menunjukkan sama beberapa orang yang ngata-ngatain saya,” papar Mahalini.

Di pentas “Indonesian Idol”, Mahalini memperlihatkan kualitas vocalnya yang oke di depan penonton Tanah Air. Saat Mahalini membawa lagu “Cuma Kangen” punya Andmesh Kamaleng di set Spekta Show Hebat 6, Anang bahkan juga beri pujian performanya “mahal sekali”.

Perjalanan Mahalini di “Indonesian Idol” lalu harus berhenti di set Hebat 5. Menurut Maia sebagai salah satunya juri, performa Mahalini bagus serta telah semestinya vokalis professional. Walau demikian, Mahalini tereliminasi berdasar hasil voting.

“Menurut saya Mahalini bagus ya, hanya satu kali lagi, ini kan vote,” papar Maia. “Kami tidak dapat tentuin, jika bagus tetapi vote-nya kurang bagaimana? Ini kan opsi (warga) Indonesia.”

Tereliminasi dari “Indonesian Idol” tidak hentikan cara Mahalini untuk memburu mimpinya di dunia musik. Di bawah lindungan Hits Record, Mahalini melaunching singgel “Saya yang Salah” bersama lulusan “Indonesian Idol” yang lain, Raja Giannuca alias Nuca pada 2020.

Pada tahun 2021, Mahalini melaunching singgel solo bertema “Menantang Restu”. Lagu itu memvisualisasikan perjalanan cinta sepasang pacar yang terhambat restu. Luar biasanya, “Menantang Restu” dipilih sebagai salah satunya soundtrack film sinetron terkenal “Ikatan Cinta”. Mahalini diganjar penghargaan New Artist of the Year dari Indonesia Music Awards melalui singgel “Menantang Restu”.

Mahalini sebelumnya sempat akui tidak kesusahan meresapi lagu “Menantang Restu”. Dia mengaku jika beberapa lagu mellow menjadi zone nyamannya. “Untuk lagu ini, saya inget-inget saja pengalaman masa silam, menjadi gampang sekali meresapinya,” papar Mahalini.

Di tengah-tengah profesi-nya yang mengangkasa, Mahalini sebelumnya sempat terpukul dengan keperginya ibundanya, Ni Nyoman Serini Raharja. Ibunda Mahalini wafat karena infeksi COVID-19 pada 7 Juli 2021. Menurut Mahalini, ibundanya ialah figur wanita yang elok hati dan wajahnya. Dia akui senang jadi putri dari ibundanya itu.

Dari segi kehidupan individu, Mahalini sebelumnya sempat dirumorkan dekat sama beberapa pria. Pada 2021, netizen sebelumnya sempat menjodoh-jodohkan Mahalini dengan Billy Syahputra. Walau demikian, Mahalini sudah menentang dianya merajut jalinan dengan Billy. Penyanyi “Tersisa Rasa” ini memperjelas jika dia dan Billy sekedar hanya teman dekat.

“Kami teman dekatan saja sich, betul-betul yang rekan sekali. Saya men-support Bang Billy jika ada apakah, ada apa pun misalkan kembali di Bali, kami berkabar,” terang Mahalini pada 19 Januari 2022.

Walau diisukan pacaran dengan Billy, Mahalini akui tidak merasakan risi karena rumor itu tidak sampai mengusik hidupnya. Menurut Mahalini, Billy sendiri sebagai figur orang yang bagus dan hebat.

Sesudah menentang isu kencan dengan Billy Syahputra, Mahalini diberitakan dekat sama vokalis Rizky Febian. Mahalini dan Rizky selanjutnya resmikan jalinan mereka sebagai sepasang pacar pada 7 Februari 2022. Peristiwa Rizky “nembak” Mahalini juga didokumentasikan di video di saluran YouTube Putri Delina.

Awalannya, Rizky mengundang Mahalini untuk makan malam bersama-sama. Mahalini juga terkejut karena Rizky rupanya ikut mengundang Putri Delina pada acara itu. Kemudian, Rizky menyanyikan sebuah lagu dan memberikan sebuket bunga untuk Mahalini. Penyanyi “Kesempurnaan Cinta” itu selanjutnya mengatakan kemauannya untuk merajut jalinan serius dengan Mahalini.

“Jadi saya ingin ngomong dahulu, pada hari ini, pada tanggal 7 ini, saya ingin mengumumkan jika pada tanggal 7 ini saya ingin ijin dengan kamu untuk dapat semakin serius yang akan datang,” papar Rizky di depan Mahalini.

Pengakuan cinta Rizky itu dilaksanakan di depan Sule dan Nathalie Holscher. Ternyata, Sule dan Nathalie melihat secara langsung peristiwa itu lewat video call. Mahalini juga ketawa malu saat sadar Sule melihat peristiwa manis itu. Sesudah terima buket bunga dari Rizky, Mahalini juga menjelaskan, “I’m yours (saya punyamu)”.

Walau sukses di bagian profesi dan pertalian cinta, Mahalini ternyata tidak terlepas dari Pro-kontra. Performa Mahalini saat membawa lagu “Indonesia Raya” pada sebuah acara. Video performa Mahalini trending bukan lantaran suaranya yang merdu, tetapi karena bajunya yang dipandang netizen terlampau terbuka saat membawa lagu berkebangsaan itu. Wanita berumur 22 tahun itu terlihat kenakan gaun tanpa lengan dengan dialek rumbai. Tetapi baju itu terlihat memakai bahan terbuka pada bagian perut.

Beberapa netizen memandang baju itu terlampau terbuka dan kurang patut dikenai waktu membawa lagu “Indonesia Raya”. “Suaranya santun, bajunya kurang. Maaf,” begitu komentar salah satunya netizen.

Walau memetik kritikan, Mahalini masih tetap mengupload photo performanya itu ke Instagram. “everything, in time. Terima kasih Palembang,” tulis Mahalini di kolom caption pada 3 Juli 2022. Photo elok Mahalini juga Sebelumnya sempat ditanggapi oleh si pacar. “Ma luv,” komentar Rizky.

Belakangan ini, Mahalini Sebelumnya sempat diperhitungkan sama-sama kritik dengan lulusan “Indonesian Idol” lain, Ziva Magnolya. Awalannya, Mahalini membuat ciutan di Twitter jika jadi seorang yang semakin lebih tertutup dan kurangi jumlah rekan ialah sebuah proses pendewasaan pada 21 September 2022. Pada 6 Oktober 2022, Ziva juga menyentuh masalah seorang perlu mawas diri dan seorang rekan yang toxic.

“Cut off beberapa orang toxic dan mengecilkan circle bergaul dalam kehidupan kita itu benar sebuah opsi. Tetapi janganlah lupa sama mawas diri yaaa. Kan malu sudah cut off jika rupanya justru diri sendiri yang problemtik dan toxic buat seseorang,” begitu isi ciutan Ziva.

Walau ada jarak waktu antara dua ciutan itu, beberapa netizen menyangka Mahalini dan Ziva tengah sama-sama kritik. Rumor sama-sama kritik itu ada karena awalnya Ziva Sebelumnya sempat tidak berhasil duet dengan Rizky Febian di konser Intimate Love. Netizen menyangka Rizky dilarang Mahalini untuk tampil duet hingga Ziva harus membawa lagu “Terlukis Cantik” sendiri di konser itu.

Adapun rumor sama-sama kritik sampai isu musuhan itu pada akhirnya terpungkiri selesai Rizky dan Ziva raih penghargaan AMI Awards 2022 dalam kelompok Kreasi Produksi Kerjasama Terbaik karena lagu “Terlukis Cantik”. Baik Rizky atau Ziva sama mengupload photo kebersama-samaan mereka selesai terima piala AMI Awards itu. Disamping itu, Mahalini ucapkan selamat ke Rizky dan Ziva melalui Instagram Stories.

Lepas dari pro-kontra yang dulu pernah menggeretnya, Mahalini terus berkreasi di jagat hiburan Tanah Air. Bersama Rizky si pacar, Mahalini sudah menghasilkan beberapa singgel duet seperti “You’re Mine” dan “Satu Incar”. Mahalini dan Rizky Sebelumnya sempat menjadi bintang website seri bertema “Senja Hari Ini Cantik” sebagai aktor khusus.

Bagaimana? Perjalanan Mahalini dalam meniti profesi di dunia ambil suara walau Sebelumnya sempat tidak berhasil memenangkan “Indonesian Idol” benar-benar memberikan inspirasi kan? Walau sebelumnya sempat terbawa pro-kontra, Mahalini masih tetap tabah dan gigih melanjutkan jalannya sebagai vokalis. Bila ingin ketahui semakin banyak info tentang Mahalini, kalian dapat cari informasi terkini di situs profilnya berikut!