Biodata Lengkap Ustadz Hanan Attaki

Ustadz Hanan Attaki, Lc. ialah seorang penceramah asal Aceh yang sekarang tinggal dan berdakwah di Bandung. Dia sering berikan pengkajian di Mushola Trans Studio Bandung. Pengkajian yang sudah dilakukan tiap hari Rabu selalu sarat dengan jemaah yang didalamnya remaja yang dikuasai oleh ikhwan (lelaki).

Style khotbah Ustadz Hanan attaki enteng dan gampang diterima untuk remaja. Beliau selalu memberikan dukungan pada tiap pengkajiannya untuk beberapa jomblo supaya selekasnya membulatkan 1/2 dien nya. Istilahnya jomblo memang karena ingin jaga diri dari z!na, dan terus cari pengetahuan agar selekasnya memperbaiki agama. Jomblo fii sabilillah.

Hanan Attaki terlahir di Aceh di tanggal 31 Desember 1981 bernama Tengku Hanan Attaki. Dia sebagai anak ke 5 dari 7 bersaudara.

Kisah hidupnya mengenali al-Qur’an lebih dekat dimulai pada umur kanak-kanak. Semenjak SD ustadz Hanan telah mendapatkan beasiswa. Seringkali memenangi Musabaqah Tilawatil Quran dari dapat mulai sepeda digunakan ke sekolah, dan sebelumnya pernah dapat Tv.

Paling akhir dia sukses jadi qori terbaik versus Fajar TV, Kairo 2005, dan isi acara tilawah al-Qur’an “Min Ajmalis Soth” pada dua Kanal (Fajar Tv dan Iqro’ Tv).

Saat kuliah juga mendapatkan beasiswa. Di keluarga beliau, dia orang pertama kali yang kuliah dan kuliahnya juga ke luar negeri. Perjalanan ke Mesir, ialah awalnya beliau ke luar negeri dengan Visa Wisatawan. Seterusnya sesudah ditanyakan saat pengujian apa dapat membaca Al Qur’an, dan dijawab dapat, Ustadz Hanan Attaki langsung bisa masuk ke dalam Al Azhar dengan mendapatkan fokus mendapatkan beasiswa.

Saat mengenyam pendidikan di Kampus al-Azhar-Mesir dia memperdalam Fakultas Ushuluddin, Jalur Tafsiran al-Qur’an sampai mendapat gelar licence (Lc) di tahun 2004. Saat di Kairo, dia sempat juga aktif sebagai pemred buletin “Salsabila” yang diedarkan oleh barisan study al-Qur’an dan beberapa ilmu islam.

Di Mesir, beliau sebelumnya pernah menjalankan bisnis, mulai dari jual bakso, catering, sampai sempat jadi joki bantai aswad (ketika musim haji), semua dengan modal nekad, dan kepercayaan kepad Allah SWT. Ustadz Hanan Attaki sempat juga membuat buku, judulnya Tadabbur Quran.

Semenjak datang dari negeri “seribu menara”, Hanan Attaki bersama istri dan putri pertama kalinya (Aisyah) ada di Bandung. Di kota berikut dia mulai terjun langsung di dunia dakwah; sebagai direktur Rumah Qur’an Salman-ITB, pendidik Jendela Hati (JH) dan STQ Habiburrahman.

Di kota Bandung, Ustadz Hanan Attaki berdakwah melalui Pemuda Pindah. Pemuda Pindah berdiri semenjak Maret 2015. Pergerakan Pemuda Pindah yang mempunyai account Instagram @pemudahijrah, dibangun oleh lebih kurang lima orang. Logonya sendiri ialah Shift yang menyukai berada di netbook/PC ada knop Shift yang bermakna berpindah atau berbeda. Pemuda Pindah mempunyai account Fanpage @pemudahijrah dan account Twitter di @PemudaHijrah.

Biodata Ustadz Hanan Attaki:

Lahir: Tengku Hanan Attaki, 31 Desember 1981, Aceh
Pendidikan: Universitas al-Azhar-Mesir, Fakultas Ushuluddin, Jurusan Tafsir al-Qur’an
Akun media sosial: instagram @hanan_attaki
website: http://pemudahijrah.com/