Biodata Raja Charles III

Charles Philip Arthur George, anak Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, terlahir di Istana Buckingham pada jam 09.14 malam di tanggal 14 November 1948. Satu bulan selanjutnya, pada 15 Desember, Pangeran Charles dibaptis di Ruangan Musik di Istana Buckingham oleh Uskup Agung Canterbury, Dr Geoffrey Fisher.

Ibu Pangeran Charles dikukuhkan sebagai Ratu Elizabeth II pada umur 25 tahun, saat ayahnya, Raja George VI, wafat pada umur 56 tahun.

Pada 6 Februari 1952, saat Ratu naik takhta, Pangeran Charles – sebagai putra paling tua Penguasa – jadi ahli waris takhta pada umur 3 tahun.

Si Pangeran, sebagai Ahli waris Takhta, ambil gelar tradisionil Duke of Cornwall di bawah piagam Raja Edward III di tahun 1337; dalam gelar kebangsawanan Skotlandia, Duke of Rothesay, Earl of Carrick, Baron Renfrew, Lord of the Isles, dan Prince and Great Steward of Scotland.

Si Pangeran berumur 4 tahun pada upacara pengukuhan ibunya, di Westminster Abbey di tanggal 2 Juni 1953.

Beberapa orang yang melihat Pengukuhan itu karena mempunyai masa lalu terang mengenai dianya yang duduk antara neneknya sebagai janda, yang saat ini dikenali sebagai Ibu Suri Ratu Elizabeth, dan bibinya, Putri Margaret.

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip putuskan jika Pangeran Charles harus ke sekolah dibanding mempunyai guru di Istana. Selanjutnya, Pangeran mulai bersekolah di sekolah Hill House London Barat pada 7 November 1956. Sesudah 10 bulan, Pangeran muda jadi pelajar asrama di Cheam School, sebuah sekolah training di Berkshire.

Sekarang Pangeran Charles sudah naik takhta jadi Raja Charles III, sesudah Ratu Elizabeth II wafat karena sakit pada Kamis 8 September 2022

Pendidikan Raja Charles 3

Di tahun 1958, saat Pangeran ada di Cheam School, Ratu memberikannya gelar sebagai Pangeran Wales dan Earl of Chester. Waktu itu Pangeran berumur 9 tahun.

Pada April 1962, Pangeran mengawali tahapan pertama kalinya di Gordonstoun, sebuah sekolah dekat Elgin di Skotlandia Timur yang dulu pernah didatangi oleh Duke of Edinburgh.

Pangeran Wales habiskan dua masa di tahun 1966 sebagai pelajar transisi di Timbertop, yakni sebuah pos terasing dari Sekolah Tata Bahasa Geelong Church of England di Melbourne, Australia.

Saat dia kembali lagi ke Gordonstoun untuk tahun terakhir kalinya, Pangeran Wales dipilih sebagai perwakilan sekolah.

Si Pangeran, yang sudah lulus dengan 6 O Levels, ambil A Levels dan dianugerahkan nilai B dalam sejarah dan C dengan bahasa Prancis, bersama nilai spesial dalam makalah sejarah khusus opsional pada Juli 1967.

Pangeran Charles selanjutnya meneruskan studinya ke Kampus Cambridge di tahun 1967 untuk belajar arkeologi dan antropologi di Trinity College. Ia berpindah jalur ke sejarah untuk gelar ke-2 nya, dan di tahun 1970 dianugerahkan gelar 2:2.