Gibran Rakabuming Masuk Dalam Bursa Cawapres Prabowo

Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Surakarta, tiba-tiba menjadi sorotan publik di Indonesia. Ini terjadi setelah hasil survei terbaru dari Political Statistics (Polstat) Indonesia mengungkapkan namanya sebagai salah satu calon wakil presiden potensial.

Kehadiran nama Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Surakarta memang baru dan mengejutkan publik. Apna Permana, peneliti senior Polstat Indonesia, mengungkapkan hal ini pada tanggal 20 Mei 2023 di Jakarta. Menurut Apna Permana yang dikutip dari antaranews.com pada Minggu, 21 Mei 2023, “Munculnya nama Gibran Rakabuming Raka adalah fenomena yang mengejutkan.”

Dalam survei tersebut, tercatat 13,7 persen responden menganggap Gibran Rakabuming Raka layak menjadi calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto. Persentase ini menempatkan Gibran pada posisi ketiga dalam daftar calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto.

Gibran berada di bawah Erick Thohir, Menteri BUMN sekaligus Ketua PSSI, yang mendapat perhatian sebanyak 18,5 persen dari responden. Sedangkan posisi kedua ditempati oleh Ridwan Kamil dengan persentase 16,9 persen.

Survei Polstat juga mengungkapkan adanya kejutan dalam bursa calon wakil presiden Prabowo. Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PKB, mendapatkan perhatian lebih dari biasanya. Biasanya, Muhaimin berada pada tingkat dua digit, tetapi kali ini ia mencapai elektabilitas sebesar 10,3 persen atau berada di peringkat keempat.

Di sisi lain, Sandiaga Uno menduduki posisi teratas dalam bursa calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo dari PDIP. Sandiaga Uno mendapatkan dukungan sebesar 19,4 persen dari responden.

Meskipun berada di bawah Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil, Apna Permana, peneliti senior Polstat, yakin bahwa Budi Gunawan, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), memiliki peluang untuk menjadi calon wakil presiden pendamping Ganjar. Apna mengatakan, “Peluang Budi Gunawan untuk menjadi calon wakil presiden Ganjar cukup terbuka, mengingat selama ini tokoh yang terpilih sebagai calon wakil presiden dalam pemilihan langsung sejak tahun 2004 tidak pernah memimpin dalam bursa survei.”

Sementara itu, bursa calon wakil presiden pendamping Anies Baswedan tidak mengalami banyak kejutan. Agus Harimurty Yudhoyono, Ketua Umum Partai Demokrat, masih memimpin dengan dukungan sebesar 20,3 persen dari responden. Kemudian diikuti oleh Sandiaga Uno dengan persentase 16,5 persen, Ridwan Kamil dengan persentase 14,6 persen, Khofifah Indar Parawansa dengan persentase 12,4 persen, Andika Perkasa dengan persentase 9,2 persen, dan Mahfud MD dengan persentase 7,5 persen.

Survei Polstat dilakukan dari tanggal 1 hingga 10 Mei 2023 dengan melibatkan 1.200 responden dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Sampel responden diambil secara acak. Hasil survei memiliki margin error sekitar 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.