Instagram Down, Ini Dia Penyebabnya

Sebuah aplikasi platform yang dikembangkan oleh Meta Platform Inc (META.O), Instagram, telah berhasil kembali beroperasi untuk semua penggunanya setelah mengalami kendala teknis yang mempengaruhi ribuan orang.
“Sebelumnya hari ini, ada masalah teknis yang membuat beberapa orang kesulitan mengakses Instagram. Kami telah menyelesaikan masalah ini secepat mungkin untuk semua orang yang terkena dampaknya,” kata juru bicara Meta kepada Reuters.
Namun, perusahaan tidak mengungkapkan jumlah pengguna yang terkena dampak gangguan tersebut. Berdasarkan data dari Downdetector.com, sebuah situs yang melacak pemadaman layanan, terdapat lebih dari 100.000 masalah di Amerika Serikat, 24.000 di Kanada, dan lebih dari 56.000 di Inggris.
Puncak pemadaman terjadi ketika lebih dari 180.000 pengguna melaporkan kesulitan dalam mengakses Instagram.
Menurut Downdetector.com, pada hari Minggu sekitar pukul 17:45 EST (2145 GMT), sebagian pengguna mengalami gangguan dalam menggunakan Instagram. Namun, jumlah laporan pemadaman kemudian berkurang menjadi lebih dari 7.000 pada pukul 20:30 EST.
Downdetector, sebuah situs yang dapat melacak pemadaman melalui laporan status dari berbagai sumber, terutama dari pengguna, menginformasikan tentang masalah ini.