Tim nasional Indonesia raih medali emas sepak bola SEA Game 2023 Kamboja

Tim nasional Indonesia raih medali emas sepak bola SEA Game 2023 Kamboja. Team garapan Indra Sjafri ini sukses mengandaskan lawan bebuyutannya, Thailand, dengan score 5-2 secara menegangkan di Stadion National Olympic Fase Phom Penh, Selasa (16/5/2023).

Prestasi ini bak air pembasmi dahaga untuk sepak bola Indonesia. Masalahnya Tim nasional Indonesia harus menanti sepanjang 32 tahun semenjak menjadi jawara pada SEA Game 1991.

Kashartadi, winger yang turut merampas emas pada 1991, memandang Rizki Ridho dkk. memang patut juara.

“Dari permainan di atas lapangan, saya nilai kualitas team Indonesia sedikit di atas Thailand,” ucapnya.

Kelebihan itu, lanjut Kashartadi, tersangkut beragam faktor. Mulai kemampuan pribadi, kerja sama team, fisik, dan psikis berlaga.

“Indonesia punyai semua modal untuk menaklukkan Thailand. Misalkan kualitas individual, team, fisik, dan psikis. Ini membuat beberapa pemain berkepercayaan diri tinggi dalam permainan,” tutur bekas pemain Tim nasional Indonesia di SEA Game 1991 tersebut.

Mentalitas Pemain

Kashartadi yang saat ini pindah karier jadi pelatih itu benar-benar respek dengan psikis pemain Tim nasional Indonesia di SEA Game 2023.

Masalahnya sejauh ini psikis punggawa Indonesia selalu jatuh lebih dulu bila bertemu Thailand di beberapa gelaran kompetisi sepak bola.

“Psikis beberapa anak hebat. Mereka hilangkan hati inferior dari Thailand. Ini penting untuk Indonesia. Saya saksikan kemampuan psikis ini, karena pemain percaya dengan kekuatan sendiri,” katanya.

Kashartadi memperhatikan team bimbingan Indra Sjafri benar-benar solid.

“Tidak gampang untuk Indra Sjafri membuat team semacam ini. Sama waktu singkat, ia dapat pilih tim terbaik dari beberapa anak bangsa jadi team yang solid,” katanya.