Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas untuk Kepuasan Awet dan Tahan Lama

Cara menyimpan daging kurban di kulkas perlu diketahui di momen menjelang Hari Raya Idul Adha. Sebab, saat hari raya kurban tersebut, masyarakat biasanya memiliki stok daging kurban yang cukup banyak. Daging kurban itu seringkali tidak akan habis dalam satu kali masak saja, melainkan masih ada sisanya yang harus disimpan di dalam kulkas.

Nah, untuk itu, sebaiknya Anda mengetahui cara menyimpan daging kurban di kulkas agar tetap awet meski baru dikonsumsi dalam beberapa hari setelah kurban. Lantas, bagaimana cara menyimpan daging kurban di kulkas?

Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

Dirangkum dari Webinar Aman Beribadah di Bulan Zulhijah, berikut adalah cara menyimpan daging kurban di kulkas menurut pakar produksi ternak dari Fakultas Peternakan UGM, Panjono, Ph.D:

  1. Jangan Mencuci Daging Segar

Cara pertama untuk menyimpan daging kurban di kulkas adalah dengan tidak mencuci daging segar. Jika daging segar dicuci, maka berpeluang bagi penyakit yang berasal dari air mentah masuk ke dalam daging dan membuatnya terkontaminasi.

  1. Potong atau Gilir Daging Menjadi Ukuran yang Sesuai

Selanjutnya, cara menyimpan daging kurban di kulkas adalah dengan memotong atau menggiling daging menjadi ukuran kecil atau sedang agar praktis saat akan dikeluarkan dari kulkas untuk dimasak.

  1. Bagi Daging Menjadi Potongan Kecil

Cara menyimpan daging kurban di kulkas agar tetap awet sebaiknya dibagi dalam potongan kecil dan disimpan di wadah terpisah. Misalnya, untuk keluarga kecil yang hanya membutuhkan seperempat kilogram daging saat memasak, maka potonglah daging seukuran tersebut. Sehingga, potongan tersebut dapat digunakan saat memasak.

  1. Simpan dalam Kantung Plastik atau Wadah Tertutup Rapat

Cara menyimpan daging kurban di kulkas jika tidak divakum, maka paling tidak daging harus diwadahi dalam plastik yang bersih dan ditutup rapat.

  1. Lakukan Pendinginan dalam Chiller Sebelum Memindahkannya ke Freezer

Cara menyimpan daging kurban di kulkas yang paling baik adalah dengan menaruhnya di chiller beberapa saat sebelum memindahkannya ke dalam freezer. Hal ini bertujuan untuk menjaga struktur daging agar tetap stabil dan bahkan lebih empuk. Ketika mengalami proses pendinginan, daging akan mengalami proses rigormortis (kejang-kejang). Oleh karena itu, disarankan untuk memasukkan daging ke dalam chiller. Chiller adalah bagian kulkas yang memiliki suhu antara 2 derajat Celcius hingga 5 derajat Celcius, sehingga proses pendinginan dapat berlangsung secara merata.

  1. Pindahkan dari Freezer ke Chiller Terlebih Dahulu Sebelum Diolah

Begitu juga sebaliknya, ketika daging yang disimpan di freezer akan digunakan atau dimasak, sebaiknya dipindahkan terlebih dahulu ke chiller agar proses pencairan juga dapat berlangsung perlahan dan merata sehingga struktur daging tetap bagus ketika digunakan.

Tips Mengolah Daging Kurban

Selain itu, Panjono juga memberikan tips mengenai tata cara mengolah atau memasak daging tersebut. Pertama, daging harus dimasak dengan benar dan matang. Hal ini bertujuan untuk membunuh bibit-bibit penyakit yang kemungkinan terdapat dalam daging. Kedua, jika daging tersebut dipanggang, seperti dibuat menjadi sate dan lain sebagainya, maka bagian yang gosong harus dibuang.

“Bagian-bagian yang gosong (dari daging panggang) sebaiknya jangan dikonsumsi, sebab tidak baik untuk kesehatan,” pungkas Panjono.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menyimpan daging kurban di kulkas yang benar agar tetap awet dan tahan lama. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat menjaga kualitas daging kurban dan menghindari pemborosan. Selamat mencoba!