Presiden Joko Widodo: Sapi Kurban untuk 38 Provinsi di Indonesia

Presiden Joko Widodo memberikan kurban sebanyak 38 ekor sapi untuk 38 provinsi di Indonesia. Setiap provinsi mendapat satu sapi kurban dari Presiden. Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengungkapkan bahwa jumlah sapi kurban tahun ini bertambah sesuai dengan penambahan jumlah provinsi di Indonesia. “Tahun lalu terdapat 34 provinsi, namun sekarang bertambah menjadi 38 provinsi,” ujar Heru dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu (28/6/2023). “Penyerahan sapi per provinsi dilakukan berdasarkan usulan dari pemerintah provinsi masing-masing,” lanjutnya.

Teknis Distribusi Sapi Kurban Presiden

Untuk teknis distribusi sapi kurban Presiden, Sekretariat Presiden bekerja sama dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Agama. Sapi kurban Presiden dipilih berdasarkan kriteria tertentu, yaitu bebas dari penyakit kuku dan mulut (PMK) serta memiliki berat antara 900 kilogram hingga 1,2 ton. Selain itu, semua sapi kurban Presiden juga telah menjalani pemeriksaan kesehatan. Heru menjelaskan bahwa sapi kurban Presiden terdiri dari beberapa jenis, seperti simental, limousin angus, brahman, dan sapi lokal dari Bali. “Jenis-jenis sapi tersebut meliputi simental, limousin angus, brahman, dan peranakan ongole dari sapi Bali,” ungkap Heru.

Penyerahan Sapi Kurban di Provinsi DKI Jakarta

Di Provinsi DKI Jakarta, sapi kurban Presiden Jokowi diserahkan di Masjid Istiqlal. Sapi jantan yang diserahkan memiliki jenis simental dengan berat 1,2 ton.

Sapi Kurban Wapres Ma’ruf Amin

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin juga melaksanakan kurban sapi pada perayaan Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta. Dalam siaran pers yang dikeluarkan oleh Sekretariat Wakil Presiden pada hari Rabu, sapi kurban yang dipilih oleh Wapres adalah sapi jenis Limousin dengan berat 1.154 kilogram atau 1,1 ton. Saat ini, sapi tersebut telah berada di Masjid Istiqlal dan diterima oleh Kepala Bidang Sosial dan Pemberdayaan Umat Masjid Istiqlal, yaitu Laksma TNI (Purn) Asep Saepudin.

Penyerahan Resmi Sapi Kurban oleh Wapres

Rencananya, sapi kurban yang diberikan oleh Wapres akan secara resmi diserahkan kepada panitia kurban setelah Wapres menunaikan Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal pada hari Kamis (29/06/2023) besok. Selain di Masjid Istiqlal, Wapres juga akan menyerahkan 56 hewan kurban sapi di sekitar Jabodetabek dengan berat rata-rata 800 kilogram dan 10 ekor kambing. Semua hewan kurban yang diserahkan oleh Wapres telah diperiksa dan dinyatakan sehat oleh Badan Karantina Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, sehingga memenuhi syarat dan layak untuk dijadikan hewan kurban.