Biodata Awkarin: Profil Lengkap, Agama, Umur, dan Perjalanan Karirnya

Simak Informasi Mengenai Biodata Awkarin Lengkap Beserta Agama, Umur, Pendidikan, Akun Instagram dan Perjalanan Karirnya

Dikenal sebagai seorang YouTuber sekaligus model, membuat publik penasaran dengan biodata Awkarin.

Mengenai Awkarin dan Latar Belakang Keluarganya

Tak hanya itu, ayahnya yang merupakan seorang dokter sekaligus TNI Angkatan Laut membuat publik semakin penasaran dengan biodata Awkarin.

Awkarin ternyata memiliki nama asli Karin Novilda Sulaiman dan merupakan seorang selebriti internet, YouTuber, model, pengusaha, dan penyanyi berkebangsaan Indonesia.

Profil Awkarin: Nama, Umur, dan Keluarga

Ia lahir pada 29 November 1997 dan merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Ayahnya, Mohamad Sulaiman Abidin, merupakan seorang dokter spesialis mata yang berpraktik di Rumah Sakit Siloam Cilandak Barat, Jakarta, dan SILC Lasik Center Jakarta, sekaligus TNI Angkatan Laut berpangkat kolonel.

Ibunya yang bernama Siti Zuchraida merupakan seorang dokter gigi di Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Ia memiliki satu orang adik perempuan bernama Zahra Annisya Sulaiman yang lahir pada 23 November 2002.

Awkarin: Perjalanan Nama dan Karirnya

Pada awalnya, ia ingin memberi nama akunnya dengan Awkward Karin. Menurut pengakuannya, ia sempat tidak bisa berkomunikasi di depan orang banyak ataupun di depan kamera. Karena itu, ia digolongkan sebagai orang yang awkward menurut Bahasa Inggris, yang dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai “canggung”.

Oleh karena itu, ia memutuskan untuk memakai nama pengguna @awkwardkarin di salah satu akun media sosialnya. Namun, menurutnya, nama tersebut terlalu panjang.

Ia pun menyingkat kata awkward menjadi “awk” saja. Karena “Karin” merupakan nama depannya, maka huruf K pada kata awk dihilangkan, sehingga terbentuklah nama “Awkarin”.

Awkarin: Karir dan Kontribusi Sosialnya

Awkarin menjadi perintis sekaligus CEO dari A Team Management, yang merupakan manajemen dari kumpulan selebriti internet yang berkarier di media sosial Instagram.

Selain itu, ia juga memiliki serentetan bisnis lainnya seperti Bad Influence by Awkarin yang merupakan sebuah bisnis pakaian yang menjual sweter dan kaus oblong, bisnis fesyen dengan hijab yang diberi nama Hally by Awkarin, usaha makanan bertajuk Awkenyang yang dijual secara daring, serta organisasi nonprofit bertajuk Awdoption yang bertujuan untuk menolong hewan-hewan yang dibuang dan tak terurus untuk mencarikan pemilik baru yang ingin mengadopsi.

Ia mulai menjadi relawan ketika bertandang ke Palu, Sulawesi Tengah untuk membantu para korban bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi pada tahun 2018.

Selanjutnya, ia bersama organisasi Sekolah Relawan dan Kitabisa.com berkecimpung dalam penggalangan dana untuk membagikan masker terhadap korban kebakaran hutan dan lahan di beberapa daerah di Pulau Kalimantan pada tahun 2019.

Ia juga terjun langsung membagikan sebanyak 3.000 nasi kotak untuk dibagikan kepada para mahasiswa yang ikut serta dalam unjuk rasa dan kerusuhan pada bulan September 2019 di depan gedung DPR.

Pada 25 September 2019, ia ikut membersihkan lokasi yang menjadi titik bentrok antara demonstran dan polisi.

Profil Lengkap Awkarin: Nama, Umur, Agama, dan Akun Media Sosial

Melansir dari berbagai sumber, berikut biodata lengkap Awkarin.

  • Nama lengkap: Karin Novilda Sulaiman
  • Nama: Karin atau Awkarin
  • Tanggal lahir: 29 November 1997
  • Tempat lahir: Jakarta
  • Umur: 25 tahun
  • Nama orang tua: Siti Zuchraida dan Sulaiman
  • Nama Saudara: Zahra Annisya Putri Sulaiman
  • Karir: Selebriti internet, penyanyi, model, youtuber, pebisnis
  • Instagram: @karinnovilda
  • Agama: Islam

Dengan perjalanan karir dan kontribusi sosial yang menginspirasi, Awkarin telah menjadi salah satu figur terkemuka di dunia hiburan Indonesia.